Beranda > umum, Uncategorized > Makan Steak Ala Wong Barat

Makan Steak Ala Wong Barat

Siapa sih yang nggak pernah makan steak? Tentu semua orang pernah merasakannya. Makanan ini terlalu enak buat lidah saya dan kata orang sih, menyehatkan pula.
*ganti slide*
Begini ceritanya. Bapak saya ngajak sekeluarga mengisi perut ke salah satu warung steak ternama di Solo. Wuih, saya bingung bukan kepalang. Banyak menu makanan yang tidak saya kenal (maklum karena wong ndeso beneran), tapi akhirnya saya memutuskan untuk memesan chicken hot plate, nama yang keren abis (menurut saya). Chicken hot plate = piring panas ayam, bukan?? Saya suka menyebutnya dengan nama steak saja karena lebih efisien kata-kata.

*Tarrrraaa* Tapi..

Saya bergidik menyaksikan tingkah orang-orang. Benar-benar pemandangan yang tidak lazim. Pisau di tangan kanan, garpu di tangan kiri. Lalu makan steak pake tangan kiri dengan garpu. Apakah pemikiran saya kali ini salah?

Merupakan hal yang tabu jika kita makan menggunakan tangan kiri. Orang tua saya saja selalu mengingatkan ”makan pake tangan kanan ya, nduk…”. Tapi saat orang-orang memakan steak, mereka menggunakan tangan kirinya yang notabene tidak sopan menurut adat Jawa.

Tanpa sadar westernisasi sudah menyebar ke kebudayaan kita. Apa yang menjadi kebiasaan orang barat ditiru. A western style. Dan terus terang saya tidak begitu suka. Tapi a western style tak selamanya  buruk.

Mending kita makan ala KFC *ups, nyebut merk* dimana kebiasaan adat jawa masih lekat di dalamnya. Ya, kita bisa makan dengan tangan telanjang alias dipuluk. So, lebih memilih makan chicken pake piring panas atau puluk?
Tergantung Anda, sodaraku…
Kategori:umum, Uncategorized Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

