Beranda > komunikasi > Komunikasi Dalam Organisasi

Komunikasi Dalam Organisasi

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain.

Menurut William C. Himstreet dan Wayne Murlin Batty dalam Bussiness Communications: Principles and Methods, komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antarindividu melalui suatu sistem yang biasa (lazim) baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan. Selain itu perpindahan pengertian memerlukan transmisi data dan keterampilan tertentu untuk membuat sukses pertukaran informasi.

Rantai pertukaran informasi mempunyai unsur-unsur yaitu suatu kegiatan untuk membuat seseorang mengerti, suatu sarana pengaliran informasi, dan suatu sistem bagi terjalinnya komunikasi di antara individu-individu.

Model Komunikasi Antarpribadi

Unsur proses komunikasi ada tiga, yaitu pengirim berita, sarana pengiriman berita, dan penerima berita. Proses komunikasi terdiri dari enam tahap, antara lain:

  1. Sumber (source) memiliki kebutuhan dan keinginan untuk mengkomunikasikan suatu ide, gagasan, pemikiran/ kesan, informasi, dan sebagainya kepada pihak lain.
  2. Mengubah berita ke dalam bentuk sandi/ kode (encoding message); yaitu mengubah berita ke dalam berbagai simbol-simbol verbal atau nonverbal. Kemudian simbol-simbol tersebut harus diseleksi atas dasar pemahaman yang akan diperoleh dari pendengar agar tidak menimbulkan salah komunikasi.
  3. Pengiriman berita (transmitting the message); yaitu mencerminkan pilihan komunikator terhadap media atau saluran distribusi, bisa melalui komunikasi lisan atau tertulis.

Manfaat komunikasi lisan adalah interaksi antara sumber dan penerima memungkinkan komunikasi nonverbal, disampaikannya berita secara cepat, dan memungkinkan umpan balik diperoleh segera. Sedangkan manfaat komunikasi tertulis yaitu dalam hal penyediaan laporan atau dokumen untuk kepentingan di waktu mendatang.

  1. Penerimaan berita oleh pihak penerima melalui kelima pancaindera.
  2. Pengartian atau penerjemahan kembali berita (decoding); yaitu mengartikan kembali agar menjadi suatu gagasan.
  3. Mengirim berbagai bentuk umpan balik (feedback) kepada pengirim.

Tujuan Komunikasi

Menurut March dan Simon, tujuan komunikasi dapat digolongkan ke dalam:

  1. Komunikasi untuk kegiatan yang tidak di program.
  2. Komunikasi memulai dan menciptakan, usaha menyesuaikan, dan mengkoordinasi program.
  3. Komunikasi yang memberikan data penerapan strategi.
  4. Komunikasi untuk menimbulkan program, komunikasi untuk memotivasi orang melaksanakan program.
  5. Komunikasi yang memberikan informasi tentang hasil kegiatan dan informasi umpan balik untuk pengawasan.

Komunikasi Organisasi

Raymond V. Lesikar, menguraikan 4 faktor yang mempengaruhi efektifitas komunikasi organisasi, yaitu:

  1. Saluran komunikasi formal. Dapat mempengaruhi efektifitas komunikasi dalam dua cara, yaitu dengan liputan saluran formal semakin melebar sesuai perkembangan dan pertumbuhan organisasi; serta saluran komunikasi formal dapat menghambat aliran informasi antar tingkat- tingkat organisasi.
  2. Struktur wewenang organisasi.  Perbedaan kekuasaan dan status akan menentukan pihak-pihak yang berkomunikasi dengan seseorang serta isi dan ketepatan komunikasi.
  3. Spesialisasi jabatan. Para anggota kelompok kerja yang sama akan cenderung berkomunikasi dengan tujuan, waktu, tugas, dan gaya yang sama dengan kelompoknya.
  4. Pemilikan informasi. Individu-individu yang mempunyai informasi khusus dan pengetahuan tentang pekerjaan mereka. Informasi tersebut akan lebih efektif jika mereka bersedia membagikan informasi tersebut kepada orang lain.
  5. Jaringan komunikasi dalam organisasi. Organisasi dapat merancang jaringan komunikasi dengan cara kaku atau lebih bebas. Jaringan komunikasi yang dirancang kaku bertujuan menghindarkan manajer dari informasi yang berlebihan yang tidak perlu dan dapat menjaga kekuasaannya. Sedangkan dirancang lebih bebas agar dapat berkomunikasi dengan setiap orang pada setiap tingkat.

to be continued...

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: