Beranda > bahasa, tips > Tips Membaca Cepat dan Efektif

Tips Membaca Cepat dan Efektif

Anda ingin mengetahui tips membaca cepat dan efektif ?

Sebelumnya jawablah pertanyaan berikut :
Apakah Anda dapat membaca satu koran selama sejam ?
Bila Anda menjawab “ya”, berarti sebenarnya Anda bisa membaca sedikitnya empat buku dalam sehari lho!!

Lalu, bagaimana cara kita membaca koran? Anda tentu hanya membaca hal-hal yang anda minati. Dan bagaimana Anda tahu yang anda minati? Hal ini dikarenakan lembar koran dibagi menjadi empat bagian, Anda hanya membaca halaman olahraga bila berminat pada olahraga, membaca halaman bisnis jika tertarik pada bisnis. Namun, Anda tentu tidak membaca setiap artikel olahraga dan bisnis. Kepala berita (headline) koran menyoroti poin-point utama, dan memudahkan Anda dalam memilihnya. Gaya penulisan koran memudahkan Anda mengumpulkan poin-poin utama. Setelah kepala-berita, Anda biasanya menemukan ringkasan isinya dalam paragraf pertama, sehingga dapat membaca ringkasannya atau memutuskan untuk membaca seluruh berita.

Lebih dari separo koran adalah iklan. Tentu tidak Anda baca semuanya. Pemasang iklan berusaha menarik perhatian Anda dengan kepala-berita dan gambar. Iklan mini disusun secara kategoris dan alphabetis. Jika Anda ingin membeli rumah, anda perlu membaca halaman jual rumah. Anda cukup memilih rumah yang terletak di kawasan yang anda sukai, yang disusun secara alphabetis.

Singkatnya, anda telah memecahkan kode koran tersebut. Anda tahu rumus, cara membaca-sekilas koran setiap harinya. Jadi, anda sebenarnya tahu cara membaca empat buku atau tulisan apa pun. Rahasianya adalah memecahkan kode buku itu, untuk menemukan rumus setiap penerbitan.
Reporter pengadilan, misalnya, mengetahui format standar penulisan keputusan hakim. Para hakim biasanya meninjau ulang kasus dan argumen utamanya dalam beberapa halaman, lalu mengungkapkan penemuannya dalam paragraf terakhir. Jadi, para reporter tidak pernah membaca keputusan pengadilan dari awal. Mereka membaca dari halaman terakhir biasanya paragraf terakhir karena mereka membaca keputusan tersebut untuk melaporkan vonisnya.

Prinsip yang sama berlaku dalam membaca buku teks (selain buku fiksi).
Pertama kali pada saat membaca sebuah buku, tanyakan pada diri Anda :

  • Mengapa saya membaca buku tersebut?
  • Apa yang ingin saya temukan dari buku tersebut?
  • Informasi baru apa yang ingin saya pelajari?
  • Kemudian, temukan rumus buku tersebut.

Hampir semua buku menyatakan tujuan utamanya dalam kata pengantar. Pengantar akan memberi tahu anda apakah buku tersebut dapat memberikan jawaban yang anda inginkan. Pada Daftar Isi, anda dapat melihat judul bab dan sub judul. Di setiap bab, paragraf pertama menunjukan tema utama, dan biasanya diakhiri dengan ringkasan. Dari sini anda dapat memutuskan perlu tidaknya membaca setiap bab. Anda tentu memilih topik dengan bekal pengetahuan dasar yang ingin anda kembangkan. Jadi, anda tidak perlu membaca seluruh materi, kecuali ingin menyegarkan memori.
Singkatnya, baca buku seperti pada buku resep. Jika anda ingin memasak rendang, jangan baca semua halaman buku 1001 Resep Masakan Minang. Cukuplah membaca apa yang ingin anda ketahui. Tips ini akan membuat Anda mampu membaca empat buku dalam waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikan satu koran.

Tips lain : Jangan membaca secara perlahan dan tenang-tenang.
Kemampuan otak sangat menakjubkan, mampu menangkap seluruh informasi dengan cepat. Setiap mata memiliki 130 juta penerima cahaya dan kemampuan ajaib mata untuk meneruskan pemandangan itu ke korteks visual. Itulah kemampuan holistik otak untuk memotret sebuah gambar utuh.

Belajarlah menggunakannya dengan cara berikut :
Pegang buku dengan satu tangan, cukup jauh dari mata anda untuk melihat seluruh halaman. Dengan tangan yang lain, gunakan telunjuk atau pulpen, latihlah menggerakkan telunjuk atau pulpen anda itu ke bawah dengan cepat di bagian tengah halaman (bukan di barisan tulisan), dan arahkan mata anda untuk melihat tepat di atasnya, dan mengikuti gerakan ke bawah. Anda akan terkejut melihat apa yang dapat anda serap, jika anda tahu benar apa yang sedang anda cari.
Selamat membaca cepat dan efektif….!

Sumber: dari sini

  1. arsad
    Oktober 1, 2010 pukul 8:38 am

    tetaplah menjadi suami dan ayah yang baik bagi istri dan anakmu

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: