Beranda > teknologi > Sejarah Sistem Informasi

Sejarah Sistem Informasi

Tinjauan mengenai sejarah sistem informasi mencakup peninjauan kembali pada bagaimana peranti keras telah mengalami evolusi dan bagaimana penerapannya dari waktu ke waktu.

1. Evolusi Peranti Keras Komputer

Komputer yang kita kenal sekarang dapat dilacak kembali ke sebuah mesin yang disebut Electronic Numerical Integrator and Calculator – ENIAC. ENIAC adalah pendahulu dari UNIVAC I Remington Rand, yang merupakan komputer otomatis universal yang pertama kali dipasarkan secara luas.

UNIVAC I yang pertama dipasang di sebuah organisasi pemerintah, Biro Sensus AS (U.S Cencus Bureau) tahun 1951. Mesin ini mampu melakukan kurang dari 2.000 kalkulasi per detik, jumlah yang luar biasa lambatnya jika dibandingkan dengan 2 miliar atau lebih instruksi per detik, yang umum untuk komputer mikro terkecil dan termurah yang ada saat ini. Komputer-komputer terdahulu, yang disebut mainframe, memfokuskan pada satu tugas tunggal yang diminta oleh seorang pengguna. Pertengahan 1960-an, perusahaan IBM merevolusikan industri komputer dengan memperkenalkan lini komputer IBM System/ 360. Komputer-komputer ini adalah komputer pertama yang secara sekaligus melakukan berbagai tugas yang diminta oleh beberapa orang pengguna (multitasking).

2. Komputer Berukuran Lebih Kecil

Selama bertahun-tahun awal komputasi, di kebanyakan perusahaan, departemen komputer memonopoli komputer. Para pengguna tidak diperkenankan untuk mengakses komputer, yang disimpan di sebuah fasilitas pusat komputasi. Para pengguna harus mengkomunkasikan kebutuhan informasinya kepada spesialis informasi (information specialist); seperti analis sistem, programmer, spesialis jaringan, webmaster, dan database.

Seiring dengan populernya komputer, para spesialis informasi menjadi semakin sulit mengikuti permintaan. Para pengguna merasa tidak sabar dan mulai meminta akses ke data berbasis komputer tanpa harus melalui spesialis informasi. Beberapa produsen komputer merespons dengan memproduksi dan memasarkan komputer-komputer yang semakin kecil dan lebih murah daripada mainframe.

Sistem skala kecil yang pertama disebut komputer mini (minicomputers), yang dengan cepat diikuti oleh komputer yang lebih kecil lagi yang disebut komputer mikro (microcomputer) atau mikro (micro). IBM memperkenalkan komputer mikronya, yang disebut personal computer atau PC, tahun 1982.

Hukum Moore (Moore’s Law)

Hukum Moore dicetuskan oleh Gordon Moore, salah satu pendiri Intel tahun 1960-an. Hukum ini menyatakan bahwa kerapatan penyimpangan sirkuit terintegrasi dari sebuah chip silikon akan meningkat dua kali lipat setiap tahunnya. Tahun 1970, tingkat pelipatgandaan telah meningkat menjadi 18 bulan, suatu tingkat yang terus berlangsung hingga hari ini. Arti hukum ini adalah bahwa kekuatan sebuah komputer akan meningkat dua kali lipat stiap 18 bulan dengan mengeluarkan sejumlah biaya tertentu.

About these ads
Kategori:teknologi Tag:, , , ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: