Beranda > ekonomi > Efisiensi Pasar

Efisiensi Pasar

BENTUK-BENTUK EFISIENSI PASAR

Pasar efisien yang ditinjau dari sudut informasi saja disebut dengan efisiensi pasar secara informasi (informationally efficient market) sedang pasar efisien yang ditinjau dari sudut kecanggihan pelaku pasar dalam mengambil keputusan berdasarkan informasi yang tersedia disebut dengan efisiensi pasar secara keputusan (decisionally efficient market).

  • Efisiensi Pasar Secara Informasi

Kunci utama untuk mengukur pasar yang efisien adalah hubungan antara harga sekuritas dengan informasi. Fama (1970) menyajikan 3 macam bentuk utama dari efisiensi pasar berdasarkan ketiga macam bentuk dari informasi, yaitu informasi masa lalu, informasi sekarang yang sedang dipublikasikan dan informasi privat sebagai berikut ini :

a)      Efisiensi pasar bentuk lemah (weak form)

Pasar dikatakan efisien dalam bentuk lemah jika harga – harga dari sekuritas tercermin secara penuh (fully reflect) informasi masa lalu. Bentuk efisiensi pasar secara lemah ini berkaitan dengan teori langkah acak (random walk theary).

b)      Efisiensi pasar bentuk pasar setengah kuat (semistrong form)

Dikatakan demikian jika harga – harga sekuritas secara penuh mencerminkan (fully reflect) semua informasi yang dipublikasikan termasuk informasi yang berada di laporan – laporan keuangan perusahaan emiten. Informasi tersebut dapat berupa : 1)Informasi yang dipublikasikan yang hanya mempengaruhi harga sekuritas dari perusahaan yang mempublikasikan informasi tersebut. Contohnya dalam bentuk pengumuman.   2)      Informasi yang dipublikasikan yang mempengaruhi harga – harga sekuritas sejumlah perusahaan. Contohnya : peraturan pemerintah atau peraturan dari rebulator yang berdampak pada harga – harga sekuritas perusahaan yang terkena regulasi

c)      Informasi yang dipublikasikan yang mempengaruhi harga – harga sekuritas semua perusahaan yang terdaftar di pasar saham. Contohnya peraturan pemerintah yang berdampak ke semua perusahaan emiten.

  • Efisiensi pasar bentuk kuat (strong form)

Dikatakan demikian jika harga – harga sekuritas secara penuh mencerminkan (fully reflect) semua informasi yang tersedia termasuk informasi yang privat.

  • Efisiensi Pasar Secara Keputusan

Efisiensi pasar secara keputusan juga merupakan efisiensi pasar bentuk setenah kuat menurut versi Fama yang didasarkan pada informasi yang didistribusikan. Perbedaannya adalah jika efisiensi pasar secara infoemasi hanya mempertimbangkan sebuah faktor saja, yaitu ketrsediaan informasi, maka efisiensi pasar secara Keputusan mempertimbangkan 2 buah faktor, yaitu ketersediaan informasi dan kecanggihan pelaku pasar.

 

DEFINISI EFISIENSI PASAR

Secara umum efisiensi pasar (Market efficiency) didefinisikan oleh Beaver (1989) sebagai hubungan antara harga-harga sekuritas dengan informasi. Secara detaiol efisiensi pasar dapat didefinisikan dalam beberapa macam definisi:

Definisi Efisiensi Pasar berdasarkan pada nilai intrinsik sekuritas.

Untuk konteks sekuritas-sekuritas yang harganya menyimpang dari nilai intinsiknya atau fundamentalnya, maka efisiensi pasar diukur dari seberapa jauh harga-harga sekuritas menyimpang dari nilai intrinsiknya. Dengan demikian suatu pasar yang efisien menurut konsep ini dapat didefinisikan sebgai pasar yang nilai-nilai yang sekuritasnya tidak menyimpang dari nilai-nilai intrinsiknya.

Definisi Efisiensi Pasar berdasarkan akurasi dari ekspektasi harga.

Fama (1970) mendefinisikan paar yang efisien sebagai berikut: Suatu pasar sekuritas dikatakan efisien jika harga-harga sekuritas mencerminkan secara penuh “Informasi yang tersedia”. Definisi ini menimbulkan banyak perdebatan, dan sehingga Fama juga menyadari bahwa definisinya sulit dibuktikan secara empiris, karena dibutuhkan suatu benchmark yang menunjukkan akurasi dari ekspektasi harga semua investor. Fama mencoba menginformasikan definisinya dengan mendefinikan suatu fungsi dari harga-harga di masa datang yang tergantung dari sel informasi yang tersedia di periode sekarang. Fungsi dari harga-harga di masa mendatang akibat informasi  yang tersedia menjadi bench mark yang kemudian dibandingkan dengan fungsi harga-harga di masa datang yang terjadi karena informasi yang benar-benar digunakan oleh pasar. Perbedaan harga dari kedua fungsi tersebut dianggap sebagai pasar yang tidak efisien.

Definisi Efisiensi Pasar efisiensi pasar berdasarkan Distribusi Informasi

“Pasar dikatakan efisien terhadap suatu sistem informasi , jika harga-harga sekuritas bertindak seakan-akan setiap orang mengamati sistem informasi tersebut”.

“The Market is eficient with respect to some specified information system, if and ony if security prices add as if everyone observes the information system).”

Definisi ini secara implisit mengatakan bahwa jika seorang mengamati suatu sistem informasi yang menghasilkan informasi, maka setiap orang dianggap mendapatkan informasi yang sama.

Pendapat / Definisi tersebut diungkakan oleh Beaver (1970).

Definisi Beaver juga menimbulkan masalah dalam hal pengujian pasar yang efisien tersebut. Untuk menguji pasar juga dibutuhkan pembanding dan dan benchmark yang digunakann adalah return normal yang diperoleh pelaku pasar. Return hasil hasil dari informasi kemudian dibandingkan dengan return normal. Jika hasilnya tidak menyimpang berarti pasar sudah efisien dan sebaliknya, jika hasilnya menyimpang maka pasar dikatakan tidak efisien.

Definisi Efisiensi Pasar didasarkan pada proses dinamik.

Definisi Efisiensi Pasar didasarkan  pada proses dinamik memperimbangkan distribusi informasi yang tidak simetris dan menjelaskan bagaimana  pada harga-harga akan menyesuaikan karena informasi tidak simetris tersebut.

Definisi yang mendasarkan pada proses yang dinamik ini menekankan pada kecepatan penyebaran informasi yang tidak simetris, pasar dikatakan efisien jika penybaran informasi ini dilakukan secra cepat sehingga informasi menjasi simetris, yaitu setiap orang memiliki informasi ini.

Jones (1995) memberikan definisi p[asar efisien yang memasukkan unsur dari kecepatan penyesuaian sebagai berikut:

“Suatu pasar yang efisien adalah pasar yang harga-harga sekuritasnya secara cepat dan penuh mencerminkansemua informasi yang tesedia di hadapan aktiva tersebut.

ALASAN-ALASAN PASAR YANG EFISIEN DAN TIDAK EFISIEN.

Faktor pasar efisien adalah:

  1. Investor adalah penerioma harga yang berarti bahwa sebagai pelaku pasar, investor seorang diri tidak dapat mempengaruhi hara dari satu securitas. Harga dari suatu securitas ditentukan oleh banyak investor yang menentukan demand dan suply.
  2. Informasi tersedia luas kepada seluruh pelaku pasar pada saat yang bersamaan dan harga untuk memperoleh informasi tersebut murah.
  3. Informasi dihasilkan seara acak dan tiap-tiap pengumuman informasi sifatnya random satu dengan yang lainnya.
  4. Investor bereaksi dengan mengunakan informasis ecara penuh dan cepat, sehinga harga dari sekuritas berubah dengan semestinya mencerminkan informasi tersebut untuk mencapai keseimbangan yang baru.

 

Dan ssebaliknya jika kondisi-kondisi di atas tidak terpenuhi, kemungkinan pasar ridak efisien dapat terjadi . dengan demikian pasar dapat menjadi tidak efisien jika kondisi-kondisi berikut ini terjadi:

  1. Terdapat sejumlah kecil pelaku pasar yang dapat mempengaruhi harga dari sekuritas.
  2. Harga dari informasi adalah mahal dan terdapat akses yang tidak seragam antara pelaku pasar yang satu dengan yang lainnya terhadap suatu informasi yang sama.
  3. Informasi yang disebarkan dapat diprediksi dengan baik oleh sebagaian pelaku-pelaku pasar.
  4. Investor adalah individu-individual yang lugas (Naif Invetsors) dan tidak canggih (Unsoph’s ed Investors).

Untuk pasar yang tidak efisien masih banyak investor yang bereaksi terhadap informasi secara lugas, karena mereka mempunyai kemampuan yang tebatas di dalam mengartikan dan menginterpretasikan informasi yang diterima. Karena media tidak canggih, maka sering kali mereka melakukan keputusan yang salah yang akibatnya securitas bersangkutan dihindari secara tidak tepat

About these ads
Kategori:ekonomi Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: